Training SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Berdasarkan PP 50 TH 2012 & ISO 45001

PENGANTAR

Telah terbukti banyak membantu banyak organisasi dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sumber daya manusianya dalam mengelola kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja merupakan Standar Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) Internasional ISO 45001 yang terintegrasi dengan SMK3 PP 50 Tahun 2012 yang di keluarkan pemerintah RI melalui Kemenakertrans & Transmigrasi yang diselenggarakan oleh BMD Training Centre. Kasus-kasus kecelakaan kerja tidak dapat di cegah dan di hilangkan total dalam setia aktifitas pekerjaan, terutama yang menyangkut Human Erorr.

Menjadi kebutuhan tersendiri bagi organisasi yang ingin menerapkan K3 di perusahaan saat ini adalah Training SMK3 PP 50 Tahun 2012. Hal ini dituntut mengingat peraturan yang telah di keluarkan oleh regulasi nasioanal dan internasional menginginkan K3 wajib diterapkan di perusahaan/organisasi yang mempunyai resiko kecelakaan kerja dalam kegiatan operasional perusahannya. Pada Training SMK3 base ISO 45001 dan PP 50 Tahun 2012 ini akan dibahas bagaimana suatu organisasi menerapkan sistem K3, dari segi manajemen dan teknis dilapangan. Dimulai dari indentifikasi bahaya kerja, pencegahan bahaya kerja, pengendalian resiko bahaya dan tindakan perbaikan.

Untuk memenuhi regulasi dengan menyelenggarakan Training Sistem Management Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) sesuai PP 50 Tahun 2012, BMD Training Centre sebagai Safety Consultant  siap membantu seluruh Institusi (Pemerintah/Swasta), serta mengintegrasikannya dengan standar Internasional ISO 45001 yang mencakup struktur organisasi, kegiatan perencanaan, tanggung jawab, prosedur, proses, dan sumber daya untuk mengelola K3.

TUJUAN 

Setelah menyelesaikan program ini diharapkan kepada peserta pelatihan untuk dapat:

  • Memahami persyaratan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) berdasarkan PP 50 Th 2012 dan ISO 45001
  • Mampu melakukan gap analysis penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan meliputi proses: identifikasi dan mengkaji resiko dari bahaya K3 serta penyusunan tujuan sasaran dan program K3 di perusahaan
  • Menyediakan, mengimplementasikan dan memelihara Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Mengimplementasikan K3 termasuk penyusunan sistem dokumen K3

POKOK BAHASAN

  1. Dasar – dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang meliputi: Sistem Manajemen K3 (Bahaya-bahaya K3, kebutuhan K3, Scope pengolahan K3)
  2. Persyaratan Sistem Manajemen K3 yang meliputi: Klausul dan Elemen K3 pada PP 50 Th 2012 serta ISO 45001 dan keterkaitan antara kedua sistem tersebut
  3. Identifikasi dan Pengkajian bahaya resiko K3 yang mencangkup: proses metode identifikasi bahaya K3 dan Evaluasi pengkajian resiko bahaya
  4. Intepretasi dan Implementasi Sistem Manajemen SMK3  menyangkut PP 50 Th 2012 dan SO 45001
  5. Metode Penyusunan Program SMK3  meliputi: Penentuan ruang lingkup bahaya K3 dan penyusunan program K3
  6. Proses sertifikasi SMK3 (PP No 50 Th 2012) dan SO 45001 serta strategi persiapan audit sertifikasinya

REKOMENDASI PESERTA  

Dept. K3L, Team P2K3 Perusahaan, Perwakilan Manajemen, Manager Departemen, Kepala Security, Dept. HRD & GA, Staff K3, Safety Officer dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam implementasi dan sertifikasi K3 di perusahaan.

METODE PELAKSANAAN

Program Training SMK3 PP 50 Th 2012 & ISO 45001 ini secara teknis pelaksanaanya disampaikan dengan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep teoritical, contoh aplikasi dan penerapan K3 di perusahaan, berlatih merencanakan sebuah system K3 yang efektif, diskusi interaktif dalam penyelesaian kendala-kendala implementasi K3 yang kerap di hadapi perusahaan, study kasus dan konsultasi Tanya jawab.

PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI

INVESTASI

Normal Class

  • Rp 4.350.000,00/peserta (jakarta,bogor,  bandung, yogyakarta, surabaya)
  • Rp 5.350.000,00/peserta (bali, balikpapan, lombok)

Online Class 

  • Rp.1.750.000 (Online Zoom Meeting)

(Dapatkan Harga Khusus Untuk Request Pelatihan Secara Paket,Silahkan Klik Disini)

DURASI

2 Hari (efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

FASILITAS

Normal Class

  • Sertifikat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang.

Online Class

  • Sertifikat dan Soft Copy Modul

INFORMASI PENDAFTARAN & PROMO

Hub      : 021 –756 3091

Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0812 8931 1641

JADWAL TRAINING SMK3 PP50 Tahun 2012 & ISO 45001 TAHUN 2024:

  • 16-17 Desember 2024 Bali

JADWAL TRAINING SMK3 PP50 Tahun 2012 & ISO 45001 TAHUN 2025:

  • 06-08 Januari 2025 Surabaya
  • 20-22 Januari 2025 Bogor
  • 03-05 Februari 2025 Yogyakarta
  • 17-19 Februari 2025 Jakarta
  • 03-05 Maret 2025 Malang
  • 17-19 Maret 2025 Bandung
  • 02-04 April 2025 Surabaya
  • 14-16 April 2025 Bogor
  • 05-07 Mei 2025 Malang
  • 19-21 Mei 2025 Jakarta
  • 02-04 Juni 2025 Yogyakarta
  • 16-18 Juni 2025 Bandung
  • 01-03 Juli 2025 Surabaya
  • 14-16 Juli 2025 Bogor
  • 04-06 Agustus 2025 Bali
  • 18-20 Agustus 2025 Yogyakarta
  • 01-03 September 2025 Jakarta
  • 15-17 September 2025 Yogyakarta
  • 01-03 Oktober 2025 Bandung
  • 13-14 Oktober 2025 Surabaya
  • 03-05 November 2025 Bogor
  • 17-19 November 2025 Malang
  • 01-03 Desember 2025 Jakarta
  • 15-17 Desember 2025 Yogyakarta

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

TESTIMONIAL :
  • “Materi nya sangat penting sekali untuk keselamatan dan kesehatan karyawan, dan perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan kembali kualitas SDM nya”Chandra Agung Yuliar, PT. Technomed Asia.
  • “Mantap.. Banyak ilmu yang didapat”Resha anwar tajudin, PT Technomed Asia.
  • “Seru dan mengesankan tetap dipertahankan untuk kualitas trainer nya”Dimas Wicaksono, PT Technomed Asia.
  • Good… Good… Good… “, Yumoko – HSE Officer PT. Prima Rezeki Pertiwi.
  • Secara keseluruhan Training SMK3 yang disampaikan baik, menambah pengalaman dan ilmu untuk menunjang pekerjaan sehari-hari “Jeppri Heru Purnomo- HRD & GA Supervisor PT.Cipta Mortar Utama.
  • Mudah dipahami untuk diaplikasikan di Perusahaan “, Joko Taviyanto-Vice President PT. Pos Logistik Indonesia.
  • Dengan mengikuti Training SMK3 ini dapat mengetahui manfaat dari K3 pada saat akan melakukan aktifitas pekerjaan guna mengurangi resiko yang sangat merugikan bagi karyawan dan juga perusahaan “ Edi Satriadi-Senior Staff PT. Pos Logistik Indonesia.
  • K3 adalah hal utama yang sering diabaikan oleh beberapa banyak pihak, padahal sifat kebutuhannya adalah urgent dan wajib untuk dijalnkan dalam setiap pekerjaan dan limgkungan kerja. Dengan adalnya pelatihan SMK3 ini, kita akan menjadi tahu dan paham akan pentingnnya K3 dalam bekerja, Sehingga memacu diri kita untuk menjadikan K3 sebagai keharusan yang dilakukan atas dasar kesadaran, bukan merupakan suatu keterpaksaan, Do the Best, Be the Best Don’t Forget Safety First and Healthy Priority “, Ferry Irawan Hidayat-Ware House Coordinator PT. Pos Logistik Indonesia
  • Isi materi sangat lengkap membantu untuk mengimplementasikan SMK3 di perusahaan”. Budhi Setiyawan-PT.Lancar Jaya Mitra Abadi
  • Terima Kasih atas adanya pelatihan ini wawasan saya tentang dunia K3 semakin bertambah, Penyampaian materi bagus, Trainer yang berpengalaman sehingga beliau dapat memberikan materi dengan baik dan mudah di pahami.” Eko Adi Wibowo-Mine Clerk PT. Samboja Prima Coal
  • Materi pelatihan bermanfaat sekali, selain untuk lebih memahami peraturan/perundang-undangan SMK3 juga pemahaman sistem management yang lebih comperehensiv. Reza Yadi Hidayat. POLMAN Bandung
  • Materi training sangat bermanfaat,inspiratif dengan kemampuan komunikasi trainer yang baik dalam memahami masalah-masalah yang dimiliki peserta training sehingga dapat memberikan solusi yang tepat. Yogi Kususma Putra-PT Citra Sari Makmur
  • Pelaksanaan training sangat baik, dan dari segi trainer, organizer sangat baik. Jean Richardson Sitompul, QA/QC Manager PT. FreyAbadi Indotama.
  • Pelaksanaan bagus dan materi sesuai dengan kebutuhan saya dalam pekerjaan. Manai Haidaransyah, SPV SMK3 & PMK PT Pelindo II Cab. Teluk Bayur.
  • “Trainingnya menyenangkan, dari yang belum tahu tentang SMK3 ini, menjadi tahu dan antar peserta membagi pengalaman kerjanya, jadi bisa mendapatkan info baru untuk saya yang masih fresh graduate.” Nabila Citra Yunita.
  • “Pertama kali ikut acara pelatihan SMK3 ini sangat menyenangkan dengan trainer yang mempunyai kualifikasi yang sangat luar biasa, kemudian acara ini diselenggarakan di hotel sangat bagus  dengan service  yang cukup baik. Program yang diberikan juga sangat membantu dalam memahami apa itu K3, kemudian sampai hari terakhir ini sangat komunikatif.” Mohamamad Farizi.
REFERENSI:
  1. Dinas Kesehatan Kab. Kep. Aru
  2. PT. Actavis Indonesia
  3. PT. Anugerah Analis Sempurna
  4. PT. Aozora Agung Perkasa
  5. PT. Braja Mukti Cakra
  6. PT. Federal Nittan Industries
  7. PT. Ferron Par Pharmaceutical
  8. PT. Gold Coin Indonesia
  9. PT. Idemitsui Lube Tecno Indonesia
  10. PT. Immortal
  11. PT. Indo Kordsa Tbk
  12. PT. IRC INOAC
  13. PT. Kyoraku Blowmolding Indonesia
  14. PT. L- Essenstial
  15. PT. Mayora Beverage
  16. PT. Medifarma Laboratories
  17. PT. Mitralab Buana
  18. PT. MIURA Indonesia
  19. PT. Nesitor
  20. PT. Pos Logistik Indonesia
  21. PT. Puji Lestari Permana
  22. PT. Satria Buana Lestari
  23. PT. SIG ( Saraswanti Indo Genetech)
  24. PT. SOHO Industri Farmasi
  25. PT. Tunas Tasik
  26. PT. Puri Dibya Property
  27. PT. Lancar Mitra Abadi
  28. PT. Federal Nitan Industries
  29. PT. Samboja Prima Coal
  30. PT. Mahakam Jaya Perkasa
  31. PT. Teknindo Geosistem Unggul
  32. POLMAN Bandung
  33. PT Polytama Fropindo
  34. PT. Prodia Widyahusada
  35. PT. Citra Sari Makmur
  36. PT. Bimatekno Karyatama Konsultan
  37. PT. FreyAbadi Indotama
  38. BK3 Medan
  39. PT Pelindo II Cab. Teluk Bayur
  40. PT Pradipa Pest Control
  41. PT Bio Inti Agrindo
  42. PT.Technomed Asia

METODE ONLINE

Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang!

Dep. Marketing

Mei Dwi - Head Office

Online

Dept. Marketing

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Dep. Marketing

Eva Arlinda - Head Office

Online

Dep. Marketing

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeAccount Executive

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeDept. Marketing

Hallo sahabat BMD, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeDep. Marketing

Hallo sahabat BMD, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeDep. Marketing

Hallo sahabat BMD, ada yang bisa saya bantu? 00.00