Training Analisis Sensori Pada Produk Pangan

PENGANTAR

Training Analisis Sensori Pada Produk PanganAnalisis sensori merupakan salah satu istilah pada bidang studi ilmu kimia. Analisis sensori merupakan suatu disiplin ilmu kimia. Analisis sensori ini dipelajari oleh banyak orang guna memperoleh, mengukur, atau menganalisa dan mengartikan reaksi pada karakter bahan dan produk makanan sesuai dengan yang diterima indra penciuman, penglihatan, perasa, pendengaran, dan sentuhan. Aplikasi dari teknik analisa tersebut misalnya, apabila menggunakan metode ilmiah yang benar, maka hasil yang didapatkan akan konsisten sehingga datanya dapat diolah secara aktual melalui pendekatan perhitungan statistik. Adapun yang perlu dikembangkan dalam teknik analisa tersebut adalah dengan menggunakan panca indra manusia untuk mendeteksi atau menganalisa sebuah sampel. Tidak perlu diragukan lagi bahwa tidak ada alat modern yang mampu menyaingi alat pendeteksi biologi yaitu indra manusia. Beberapa seperti rasa, bau, suhu, kepekaan, dan sebagainya, hanya manusia yang bisa mendeteksinya.

Analisis sensori dikenal dalam bidang studi ilmu kimia. Analisis Sensori adalah disiplin ilmu kimia yang digunakan untuk memperoleh, mengukur, menganalisa dan mengartikan reaksi terhadap karakter bahan dan produk makanan sesuai dengan yang di terima oleh indra penglihatan,  penciuman, perasa, sentuhan dan pendengaran. Aplikasi dari teknik analisa ini apa bila menggunakan metode ilmiah yang benar, maka akan di dapatkan hasil yang konsisten sehingga datanya bisa di olah secara aktual melalui pendekatan perhitungan statistik. Yang di kembangkan dalam teknik analisa ini adalah dengan menggunakan panca indra manusia untuk mendeteksi/analisa suatu sample. Di mana tidak perlu di ragukan lagi dan tidak ada alat modern yang mampu menyaingi alat pendeteksi biologi yaitu indra manusia. Untuk rasa, bau, suhu, kepekaan, dan semisalnya adalah satu-satunya indra manusia yang bisa mendeteksinya.

BMD Training Centre dalam kesempatan kali ini bermaksud untuk menyelenggarakan program Pelatihan Analisis Sensori Produk Pangan yang sangat direkomendasikan untuk diikuti oleh personil laboratorium yang ingin meningkatkan kompetensi dan keahliannya dalam analisa sensori. Selain itu, peserta juga akan dibimbing mengenai bagaimana cara untuk mengambil data terbaik yang dapat mewakilkan, pembentukan tim panel hingga pengolahan datanya dan aspek-aspek lainnya terkait dengana analisis sensori. Oleh karena itu, mengingat pentingnya program ini maka sangat direkomendasikan diikuti oleh para praktisi laboratorium, khususnya laboratorium pangan.

MAKSUD & TUJUAN

Dalam program Training Analisis Sensori Pada Produk Pangan di maksudkan untuk membantu memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan teknik dan metode analisis sensori yang benar, selain itu juga setelah menyelesaikan program ini di harapkan peserta mampu:

  • Bisa mengidentifikasi persamaan dan perbedaan suatu produk
  • Menganalisa dan evaluasi produk di pasaran
  • Melakukan survey makanan, dengan teknik panelis apakah bisa di terima masyarakat atau tidak.
  • Menganalisa dan mempelajari karakter suatu produk makanan dan bahan pencampur
  • Sebagai pengendali QC produk, di mana mutu produk di awal (bahan baku) harus sama dengan produk di akhir

ORIENTASI PROGRAM

Program ini berorientasi kepada:

  • Pengendalian dan pengawasan (QC) mutu  bahan baku material dan produk akhir,
  • Masa/umur kelayakan produk untuk di konsumsi dan storage referensi.
  • Riset dan pengembangan produk baru atau perbaikan produk lama.
  • Riset khusus terkait uji organoleptik (rasa, bau & aroma)
  • Analisis produk di pasaran yang serupa atau produk yang dihasilkan pesaing kita.
  • Survey pasar (memprediksi kesukaan dan kemampuan membeli masyarakat).

BAHAN AJAR

  • Pengantar teknik dan pengembangan metode analisis sensori
  • Teknik dan latihan membuat panca indra manusia sebagai alat pendeteksi biologi (detector)
  • Pemetaan, survey dan team penentuan team penguji sensori
  • Persyaratan kondisi dan prosedur pengujian sensori
  • Aplikadi analisa sensori
  • Teknik dan metoda analis sensori, seperti: uji kesukaan (hedonik test), uji perbedaan (difference tests, seperti: triangle, duo trio & paired comparison) dan Ranking Tests.
  • Analisa dan pengolahan data secara statistik.

PESERTA YANG DI REKOMENDASIKAN
Program ini sangat di rekomendasikan di ikuti oleh para sumber daya laboratorium, khususnya yang berkecimpun di laboratorium/industri pangan.

PROFIL TEAM PENGAJAR KLIK DISINI

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam, dimulai pukul 09.00-16.00)

INVESTASI

Normal Class

  • Rp 5.500.000/peserta

Online Class

  • Rp 1.750.000/peserta(Online Zoom Meeting)

(Dapatkan Harga Khusus Untuk Request Pelatihan Secara Paket. Silahkan Klik Disini)

FASILITAS

Normal Class

  • Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama, dengan pemaparan teori, simulasi praktik, hingga perhitungan dan pengolahan data dilaksanakan di lokasi pelatihan/LIPI/BMD Building Centre.

Online Class

  • Sertifikat dan Softcopy Modul

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0812 8931 1641

JADWAL TRAINING ANALISIS SENSORI PADA PRODUK PANGAN TAHUN 2024:

  • 02-03 Mei 2024 Bogor
  • 06-07 Juni 2024 Jakarta
  • 04-05 Juli 2024 Bali
  • 01-02 Agustus 2024 Bogor
  • 05-06 September 2024 Surabaya
  • 03-04 Oktober 2024 Bandung
  • 07-08 November 2024 Yogyakarta
  • 05-06 Desember 2024 Jakarta

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

REFERENSI 

  1. Politeknik Negeri Pontianak
  2. PT Amerta Indah Otsuka
  3. PT Sonton Food Indonesia

TESTIMONI

  • “Secara keseluruhan training yang di lakukan puas & sangat bermanfaat untuk bidang yang di jalani sekarang.”Dimas Permadi, Leader IPC-PT Amerta Indah Otsuka.
  • “Trainer OK, diskusi dengan peserta sangat efektif..!.” Estu Arini, SPV-PT Sonton Food Indonesia.
Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang!

Dep. Marketing

Mei Dwi - Head Office

Online

Dept. Marketing

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Dep. Marketing

Eva Arlinda - Head Office

Online

Dep. Marketing

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeAccount Executive

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeDept. Marketing

Hallo sahabat BMD, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeDep. Marketing

Hallo sahabat BMD, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeDep. Marketing

Hallo sahabat BMD, ada yang bisa saya bantu? 00.00